Jumat, 30 November 2012

APA UNTUNGNYA PUNYA BLOG?

Seorang senior menyarankan kepadaku agar aku menulis apa keuntungan menggunakan blog saat aku tengah asyik-asyiknya mengutak-atik blogku. Maklum, aku baru saja belajar dan sedang semangat-semangatnya mempelajari blogger. Yah, ketika itu langsuung saja ku jawab bahwa aku nanti akan menuliskan alasannya di dalam blogku. Baru malam inilah aku sempat menulis lagi karena bagiku, aku harus meyakinkan diri sendiri dulu bahwa aku akan segera menyelesaikan tulisan yang kuinginkan sebelum aku memulia menulisnya. Yah, langkah pertama yang mungkin harus kalian lakukan ketika kalian melakukan sesuatu apapun, termasuk di dalamnya mengutak-atik blog, kalian harus bahagia dan senang dulu. Jangan sampai, kalian mengerjakannya dnegan terpaksa. Karena ilmu apapun akan mental jika tidak dimulai dengan rasa bahagian dulu. Bagaimana memunculkan rasa bahagia? Kalian tentunya bisa mengetahuinya sendiri. Bertanya pada batin kalian apa yang kalian rasa tentang amal yang akan atau sedang kalian lakukan. Jika kalian bahagia maka lanjutkan tapi jika kalian merasa tersiksa, maka tinggalkan.
Kedua, apa untungnya memiliki blog? Tentu saja aku menjawab blog kini sebagai buku harianku dengan santai. Karena bagiku, saat ini blog itu seperti buku harianku yang memang sejak dulu menulis harian adalah menjadi kebisaaanku. Seiring pesatnya teknologi dan aku dapat mengakses dunia global secara cepat, rasanya rugi jika aku tak memanfaatkannya untuk melakukan sesuatu yang kuinginkan dan bernilai kebaikan. Dengan menulis harian di blog, aku dapat mengurangi penggunaan kertas. Membantu krisis lingkungan kan? Biasanya aku akan membeli buku khusus untuk buku harian dengan motif bervariasi dan harga yang cukup menghabiskan uang jajan ukuran anak sekolah. Dengan tidak menggunakan buku harian, maka aku memiliki tambahan uang untuk ku tabung. Hehe.
Aku juga sering kali tidak percaya diri terhadap tulisan yang aku buat sendiri. Aku termasuk orang yang kadang mudah down jika dikritik aplaagi tajam. Padahal aku tahu, itu sebenarnya untuk perbaikan tulisanku ke depannya. Aku juga selalu menanamkan bahwa aku harus percaya diri. Tapi apa hendak dikata, sifat aneh itu muncul. Sering merasa takut untuk mengeksplore tulisan. Jadilah di blog ini aku berani untuk memuat tulisan-tulisanku meski tidak banyak. Aku terbebas dari kritikan langsung yang harus ku dengar. Kalau kritikan itu ada di kolom komentar blog-ku, mungkin aku akan tidka terlalu parah seperti ini. Hehe.
Sekarang, dengan semakin rajin untuk blogging dan terus belajar, aku semakin menyukai dunia ini. Benar-benar membantuku untuk membangkitkan rasa percaya diri dalam menulis. Apalagi kalau sudah didesain dengan cantik dan berwarna. Wah, aku banget tuh. Sekarang aku banyak aktif di blogger, meski masih banyak ilmu yang harus ku gali tentang dunia blogger. Dulu, sebelumnya aku pernah membuat blog di tempat lain. Tap iti niatku masih setengah-setengah dan akhirnya meski beberapa postingan sudah ku lakukan, akhirnya itu blog tak bisa ku gunakan sampai sekarang karena aku lupa passwordnya. Hehe lagi.
Ketiga alias terakhir, aku hanya ingin memberi saran pada kalian. Setelah dua langkah sederhana di atas kalian lakukan. So, mulai sekarang jangan ragu untuk memulainya dan terus menggali ilmu lainnya. Insyaallah kalian juga akan menemukan kebahagiaan seperti yang aku rasakan sekarang ini. Semakin kesini, aku semakin senang menulis dan semakin senang blogging. Dan diperjalanan aku banyak menemukan kejadian-kejadian dibalik dunia kepenulisan dan blogger. Maka dari itu, aku senantiasa berusaha meluruskan niatku ketika menulis apapun agar pekerjaanku ini juga bernilai ibadah di mata allah. Oelha karena itulah aku member judul blogku dengan Menulis Karena Allah. Wawalahualam.

1 komentar:

Udah baca kan? Kasih komentar ya biar kedepannya makin baik lagi. Terima kasih.